Minggu, 19 Desember 2010

ES KRIM


Sumber : @SpongeBobINDO

Menurut catatan sejarah,es krim itu katanya ditemukan oleh bangsa Cina sekitar tahun 700M.
Es krim menjadi persembahan bagi Raja Tang dari Dinasti Shang.
Es krim sang raja ini ternyata dinbuat dari segenggam salju yang dibekukan dengan tambahan susu dan sari buah plus lumuran madu, waktu itu namanya disebut xuebaite.
Terus, terbukanya hubungan dagang antara Cina dan Italia, membuka peluang bagi Marcopolo, si penjelajah lautan dari Italia membawa resep es krim ke negaranya. Bedanya, es krim dari negeri mafia itu dibuat dari sirop yang dibuat dengan campuran es.
Es krim baru populer pada abad ke-19. seiring dengan penemuan mesin pembuat es krim khusus untuk memenuhi permintaan seantero rakyat Amerika yang tinggi terhadap es krim.


Fakta tentang es krim:
  1. 1. mengandung 10%-16% lemak susu yang berfungsi memberi tekstur lembut pada es krim dan memberi citarasa khas pada es krim.
  2. 2. mengandung 12%-16% pemanis (sweetner) yang memberikan rasa manis pada es krim dan membuatny jadi lebih kental.
  3. 3. mengandung 55%-65% cairan yang berasal dari susu dan bahan lainnya sebagai unsur utama pembuatan es krim.

Di Italia, es krim yang populer adalah Gelatoo sole mio. Ini juga punya sorbetto dari Italia bagian selatan dengan ciri khas citarasa lemon dan orange.
di Perancis, es krim yang populer adalah eskrim dengan kadar liqueur (semacam alkohol pada minuman wine/bir) tinggi.
Di Amerika lain lagi, karena masyarakatnya adalah penyuka makanan yang padat rasa dan porsi, maka eskrim dengan paduan cookies, karamel dan kacang-kacangan plus porsinya yang lebih besar (bisa seukuran double ampe triple scoop dari es krim lain) jadi eskrim favorit negeri pimpinan George W. Bush.
di Turki, es krim yang populer adalah dondurma, es krim yang terbuat dari susu kambing dengan paduan sachlav (akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan).
India, es krim yang populer dengan sebutan kulfi dibuat dari susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga, dan saffron.
di Jepang, es krim dibuat dari teh hijau (maccha ice cream) dan kacang merah (ogura), ada juga es krim mochi yang memang dibuat dari adonan kue mochi.
Di Asia Tenggara, seperti Indonesia dan Malaysia kita mengenal es puter yang dibuat dari santan tanpa menggunakan krim.

0 comment:

Posting Komentar

Bagaimana blog ini menurut anda?

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "